Bupati Cirebon Imron: Validasi Data Menjadi Batu Sandungan Pengentasan Kemiskinan

Sabtu, 23 Juli 2022 – 09:30 WIB
Bupati Cirebon Imron: Validasi Data Menjadi Batu Sandungan Pengentasan Kemiskinan - JPNN.com Jabar
Bupati Cirebon Imron. Foto: Dokumen Humas Pemkab Cirebon

jabar.jpnn.com, CIREBON - Bupati Cirebon Imron menyebutkan validasi data menjadi salah satu permasalahan dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya.

Pasalnya, data warga miskin yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon terkadang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Sehingga, pemberian bantuan sosial kerap tidak tepat sasaran.

"Keluhan selama ini yang saya terima, ada orang yang seharusnya tidak dapat malah dapat bantuan dan sebaliknya," kata Imron di Cirebon, dikutip Sabtu (23/7).

Imron menuturkan, masalah data kemiskinan masih menjadi fokus utama Pemkab Cirebon.

Kata Imron, program pengentasan kemiskinan akan lebih sulit tercapai jika data yang ada tidak sesuai dengan di lapangan.

Terlebih lagi, kata dia, banyak masyarakat di Kabupaten Cirebon yang kurang peduli terhadap data kependudukan.

Padahal, data tersebut bisa menjadi sumber masalah khususnya saat ada program bantuan dari pemerintah.

Terutama masyarakat yang ekonominya rendah dan pendidikannya kurang, terkadang tidak peduli terhadap data kependudukan, seperti KTP maupun KK.

Keakuratan data penduduk miskin menjadi salah satu penyebab adanya bantuan sosial dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon tidak tepat sasaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News