Jutaan Warga Jawa Barat Menganggur, Sekda Jabar: Ini PR Kita Semua!

Kamis, 19 September 2024 – 12:30 WIB
Jutaan Warga Jawa Barat Menganggur, Sekda Jabar: Ini PR Kita Semua! - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pengangguran atau pencari kerja. Foto: Reuters

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menyebutkan bahwa persoalan pengangguran masih menjadi "pekerjaan rumah" bagi Pemerintah Provinsi Jabar yang harus segera diatasi.

"Saya kira banyak prestasi yang sudah ditorehkan Provinsi Jawa Barat, dan itu berkat kolaborasi kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan yang ada di Jawa Barat. Banyak capaian prestasi yang tidak bisa disebut satu per satu, tetapi ternyata masih punya PR, salah satunya pengangguran," kata Herman, saat menghadiri pelayanan satu pintu 'Gebyar Paten' di Karawang.

Ia menyampaikan, saat ini angka pengangguran di wilayah Jawa Barat mencapai 6,9 persen atau sekitar 1,7 juta dari jumlah angkatan kerja sebanyak 25 juta orang.

Menurut dia, persoalan pengangguran harus segera diatasi hingga akhir tahun 2025. Hal tersebut disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2005-2025

"Saya yakin persoalan pengangguran dapat kita atasi. Ya mudah-mudahan dapat teratasi. Sehingga Jawa Barat menjadi provinsi termaju sebagaimana visi dalam RPJPD," katanya.

Untuk mewujudkan Jabar menjadi provinsi termaju, maka salah satu tugas yang harus diatasi ialah terkait dengan pengangguran. Jadi angka pengangguran harus kita turunkan signifikan," katanya.

Herman menyampaikan, untuk menurunkan persoalan pengangguran serta persoalan lain seperti kemiskinan dan lain-lain, Pemprov Jabar tidak bisa bergerak sendiri.

Namun membutuhkan kolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Jabar, termasuk 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menyebutkan bahwa persoalan pengangguran masih menjadi
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News