Kuota PPDB 2022 Tak Terpenuhi, Disdik Jabar Soroti Hal Ini

Selasa, 19 Juli 2022 – 13:20 WIB
Kuota PPDB 2022 Tak Terpenuhi, Disdik Jabar Soroti Hal Ini - JPNN.com Jabar
Siswa kelas 1 sedang mengikuti kegiatan MPLS di SD Negeri 206 Putraco Indah, Jalan Rajamantri Kulon, Turangga, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat menilai pelaksaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022 masih kurang efektif.

Hal itu dikarenakan, jumlah pendaftar tidak seimbang dengan kuota yang disediakan Disdik Jabar.

Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi mengatakan, kuota siswa PPDB tahun ini sebanyak 704.306 siswa.

Di tahap 1 PPDB, siswa yang diterima sebanyak 153.545 dari jumlah pendaftar 826.000.

“Tahap dua juga sama seperti itu. Jadi artinya hari ini masih ada pendaftar peserta didik baru yang hanya mendaftar ke salah satu titik sekolah saja,” kata Dedi dikonfirmasi, Selasa (18/7).

Padahal seharusnya, pelaksanaan PPDB tahun ini harus sesuai yakni jumlah siswa yang diterima sesuai dengan kuota yang disediakan.

“Seharusnya yang diterima itu seimbang dengan kuota. Tetapi ini kan enggak dan masih ada peserta didik yang masih terfokus kepada sekolah-sekolah tertentu,” ucap dia.

Kendati demikian, Dedi menyebut bahwa pada pelaksanaan PPDB 2022 ada beberapa wilayah yang hampir sepenuhnya seluruh peserta didik diterima sesuai kuota yang disediakan, seperti di Kota Bogor, Bandung, Depok, Bekasi, dan Cirebon.

Pelaksanaan PPDB 2022 sudah usai. Disdik Jabar evaluasi bahwa kuota peserta didik tidak seimbang dengan kuota siswa yang disediakan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News