Dokter Ayu Partiwi: 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Kunci Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi

Jumat, 15 Juli 2022 – 11:26 WIB
Dokter Ayu Partiwi: 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Kunci Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi - JPNN.com Jabar
Peringatan Hari Anak Internasional Grofato Cone Call Party, di Menteng, Jakarta. Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Bagi setiap orang tua anak merupakan salah satu hal yang paling berharga, bahkan anak juga merupakan salah satu harapan bagi para orang tua.

Dengan demikian tumbuh kembang anak harus benar-benar diperhatikan. Salah satu faktor pendukung tumbuh kembang anak adalah berat badan optimal.

Memantau pertumbuhan dan berat badan anak dapat membantu mengidentifikasi masalah nutrisi yang mungkin saja dimiliki anak.

Dokter Spesialis Anak RS Bunda Menteng Jakarta, dr. Ayu Partiwi mengatakan, pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi salah satu penentu si kecil untuk bisa sehat dan pintar.

"Pemantauan tumbuh kembang anak terutama di 1.000 hari pertama kehidupan sangatlah penting untuk buah hati, karena pertumbuhan dan perkembangan akan sangat pesat pada periode ini,” ucap wanita yang akrab disapa dokter Tiwi.

1.000 hari pertama kehidupan yang dimaksud adalah sejak saat pembuahan di dalam kandungan ibu hingga anak berusia 2 tahun.

Tiwi menambahkan, pertumbuhan dan perkembangan otak juga terjadi sangat pesat pada usia anak di bawah 2 tahun.

Pada fase ini disebut dengan periode kritis perkembangan dan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan terapi bila ada gangguan.

Dokter Spesialis Anak dr. Ayu Pratiwi sebut pemantauan tumbuh kembang anak pada 1.000 hari pertama kehidupan sangat penting, terlebih di masa pandemi Covid-19.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News