Antisipasi PMK, Hewan Kurban di Masjid Mujahidin Bandung Diserahkan ke RPH

Sabtu, 09 Juli 2022 – 10:35 WIB
Antisipasi PMK, Hewan Kurban di Masjid Mujahidin Bandung Diserahkan ke RPH - JPNN.com Jabar
Sekretaris Masjid Raya Mujahidin Sani Sanjaya. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dalam rangka mengurangi kerumunan dan mobilitas masyarakat di Masjid saat penyembelihan hewan kurban. Masjid Raya Mujahidin Bandung menyerahkan proses penyembelihan kurban ke rumah potong hewan (RPH).

Sekretaris Masjid Raya Mujahidin Sani Sanjaya mengatakan, wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK, menjadi salah satu alasan pengurus masjid di bawah naungan Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat itu, menyerahkan pemotongan hewan kurban ke RPH.

"Setelah Shalat Ied, kurbannya itu tidak dilaksanakan penyembelihan di masjid, tapi di RPH, ini sebagai bagian antisipasi saja," kata Sani di Lapangan Lodaya, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/7).

Sani menyebutkan, tahun ini ada sebanyak empat ekor sapi dan 27 ekor kambing yang dititipkan jemaah Muhammadiyah ke panitia kurban Masjid Raya Mujahidin.

Adapun RPH yang bakal menyembelih puluhan hewan kurban dari Masjid Mujahidin itu berada di wilayah Sapan, Kabupaten Bandung.

"Semuanya itu disembelih di Sapan," tutur Sani.

Kendati demikian, Sani menambahkan, pembagian daging hewan kurban untuk masyarakat tetap dilakukan di Masjid Raya Mujahidin.

"Tapi nanti pembagiannya (daging hewan kurban) di sini (Masjid Raya Mujahidin)," kata Sani.

Masjid Raya Mujahidin Muhammadiyah Jawa Barat memilih melakukan penyembelihan ternak kurban di rumah potong hewan atau RPH. Begini penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News