500 Sapi di Karawang Mulai Divaksinasi PMK

Selasa, 28 Juni 2022 – 22:15 WIB
500 Sapi di Karawang Mulai Divaksinasi PMK - JPNN.com Jabar
Petugas tengah menyuntikan cairan vaksin PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6/2022). Foto: Humas Pemprov Jabar

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mulai melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kaki (PMK) terhadap ternak demi mencegah penyebaran PMK.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang Handoko mengatakan, pihaknya telah menerima 500 dosis vaksin PMK untuk ternak.

"Penyuntikan vaksin PMK ini sudah dilakukan sejak beberapa hari terakhir," katanya, Selasa (28/6).

Dia menyampaikan, sapi yang disuntik vaksin PMK itu adalah sapi yang sehat bukan sapi yang terjangkit PMK.

"Jadi, vaksin ini diperuntukkan untuk sapi ternak atau sapi potong yang sehat, bukan untuk sapi yang terjangkit PMK," ujarnya.

Menurut dia, dibutuhkan waktu selama sekitar enam bulan untuk melakukan vaksinasi sapi atau hewan ternak yang pernah terjangkit PMK.

Dia mengatakan, proses pemberian vaksin PMK untuk sapi akan dilakukan selama dua kali dalam kurun waktu dua pekan, seperti pemberian vaksin Covid-19 pada manusia.

"Karawang sudah mulai vaksin PMK sejak Sabtu (25/6), diawali dari Klari ada sebanyak 100 dosis, kemudian Pangkalan dan Tegalwaru 300 dosis serta Telukjambe Barat 100 dosis," tutupnya. (antara/jpnn)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mulai melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kaki (PMK) terhadap ratusan ternak.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News