236 Ternak di Karawang Terjangkit PMK, Peternak Diminta Waspada

Kamis, 09 Juni 2022 – 22:58 WIB
236 Ternak di Karawang Terjangkit PMK, Peternak Diminta Waspada - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Hewan ternak sapi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Dinas Pertanian Kabupaten Karawang menemukan 236 ternak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK), setelah dilakukan pemeriksaan ke sejumlah tempat peternakan.

"Ratusan kasus PMK pada ternak itu kami temukan di 18 kecamatan," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Karawang, Handoko, Kamis (9/6).

Dia mengatakan, adanya kasus PMK pada ternak di Karawang diketahui setelah pihaknya melakukan pemeriksaan di tempat penjualan hewan dan tempat peternakan di wilayah Karawang.

“Rata-rata ternak yang terjangkit PMK ini didatangkan dari luar daerah. Memang kondisi ternak saat baru datang sehat, tetapi jarak 2-3 hari hewan itu mulai sakit," jelasnya.

Dia mengingatkan agar seluruh peternak ketika mendatangkan hewan dari luar daerah, agar dipisahkan terlebih dahulu dari hewan yang sudah ada.

“Kami menyarankan ketika mendatangkan hewan ternak dari luar daerah agar jangan dahulu dicampur dengan hewan yang sudah ada, minimal diisolasi terlebih dahulu selama dua pekan. Kemudian dilihat perkembangannya apakah hewan itu bergejala PMK atau tidak,” pesannya.

Gejala-gejala hewan yang terjangkit virus PMK di antaranya ialah hewan tersebut mengalami demam, salifasi ditandai air liur yang berlebihan.

Kemudian ada luka-luka dibagian moncong mulut, gusi, bibir, dan kalau hewan yang sudah parah biasanya mengalami luka-luka di kaki dan di bawah kaki. (antara/jpnn)

Dinas Pertanian Kabupaten Karawang menemukan 236 ternak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News