Waspada! Penularan Omicron BA.4 dan BA.5 Lebih Cepat Dari Varian Sebelumnya

Kamis, 23 Juni 2022 – 13:30 WIB
Waspada! Penularan Omicron BA.4 dan BA.5 Lebih Cepat Dari Varian Sebelumnya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari covid19goid

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono mengungkapkan sejumlah gejala yang akan dialami pada pasien yang terpapar subvariant Omicron BA.4 dan BA.5.

Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan, secara umum gejala yang ditimbulkan pada pasien terpapar subvariant Omicron BA.4 dan BA.5 hampir sama dengan varian Covid-19 sebelumnya.

“Untuk gejala yang dirasakan itu masih sama dengan varian sebelumnya, begitu juga dengan penanganannya masih sama,” ucapnya saat dihubungi JPNN.com, Kamis (23/6).

Meski demikian, pada varian ini memiliki kemampuan menghindari sel darah putih atau antibody, sehingga tidak ada proteksi bagi yang telah terpapar varian sebelumnya.

“Bagi yang pernah terpapar varian apa pun masih bisa terpapar varian baru ini, karena BA.4 dan BA.5 memiliki kemampuan menghindari sel darah putih atau antibody pada tubuh,” jelasnya.

Dirinya juga memprediksi, peningkatan kasus Covid-19 pada subvariant ini masih akan terus terjadi.

“Peningakatan kasus pasti terjadi, karena orang yang sudah vaksin booster saja masih bisa terinfeksi,” tuturnya.

Meski demikian, dirinya terus mendorong masyarakat untuk tetap melakukan vaksinasi secara lengkap.

Pakar Epidemiologi UI Tri Yunis Miko Wahyono mengungkapkan sejumlah gejala yang akan dialami pasien subvariant Omicron BA.4 dan BA.5, begini katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News