Begini Cara Pemkab Purwakarta Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat

Rabu, 15 Juni 2022 – 20:55 WIB
Begini Cara Pemkab Purwakarta Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat - JPNN.com Jabar
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat meninjau taman baca di daerahnya. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terus berupaya meningkatkan indeks literasi di kalangan masyarakat dengan melahirkan perpustakaan digital.

"Kami terus berupaya dengan sejumlah strategi berkaitan peningkatan indeks literasi masyarakat," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Rabu (15/6).

Dia mengatakan pihaknya sudah berkolaborasi dengan beberapa stakeholder, termasuk organisasi kemasyarakatan, organisasi perempuan, organisasi kemahasiswaan untuk mempermudah akses literasi bagi warga dengan melahirkan perpustakaan digital.

Selain itu, ada juga beberapa inovasi melalui dinas terkait untuk membuat pojok-pojok baca serta mendorong perpustakaan konvensional di seluruh desa di Kabupaten Purwakarta, termasuk perpustakaan digital dengan perangkat jaringannya yang disiapkan secara gratis.

Menurut bupati, dengan beberapa upaya tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat agar lebih tertarik untuk membaca, baik buku yang konvensional maupun yang digital.

"Intinya bahwa langkah kami adalah memberikan akses semudah-mudahnya bagi masyarakat untuk mendapatkan buku bacaan," kata Anne.

Dikatakannya, dilihat dari data saat ini indeks membaca di Purwakarta maupun nasional tergolong rendah, dibandingkan dengan negara yang sudah maju. Sehingga perlu ditingkatkan lagi. (antara/jpnn)

Fokus tingkatkan indeks literasi membaca, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta luncurkan perpustakaan digital untuk masyarakat.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News