5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Nomor 4 Bikin Melongo

Selasa, 07 Juni 2022 – 09:00 WIB
5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Nomor 4 Bikin Melongo - JPNN.com Jabar
Bawang Putih. Foto : Ricardo/JPNN com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bawang putih telah lama dikenal sebagai salah satu herbal alami yang bisa mengatasi beberapa penyakit. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan ialah bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Sebuah penelitian di Turki menjelaskan bahwa peserta studi mengalami perbaikan profil kolesterol dan penurunan tekanan darah secara signifikan usai mengonsumsi ekstrak bawang putih selama empat bulan.

2. Mengurangi Risiko Kanker Paru

Melansir dari jurnal Cancer Prevention Research, manfaat konsumsi bawang putih mentah berhubungan dengan penurunan risiko kanker paru.

Responden yang mengonsumsi bawang putih mentah minimal dua kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru sebesar 44 persen.

3. Detoksifikasi

Manfaat bawang putih lainnya ialah memberikan efek detoksifikasi yang diperoleh dari kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang ini.

Jika dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek proteksi atau perlindungan pada organ tubuh dari racun metal yang kemungkinan ada di dalam tubuh.

Lima manfaat bawang putih untuk kesehatan, salah satunya bisa mencegah kerusakan hati.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News