Datangi Pasar Tambun Bekasi, Bapanas Cek Harga Bapok Hingga Uji Kandungan Pestisida

Selasa, 13 Agustus 2024 – 12:00 WIB
Datangi Pasar Tambun Bekasi, Bapanas Cek Harga Bapok Hingga Uji Kandungan Pestisida - JPNN.com Jabar
Badan Pangan Nasional melakukan pemantauan harga dan pasokan komoditas bahan pangan di Pasar Tambun Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama Satgas Pangan Kepolisian Republik Indonesia melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Tambun Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi pada Bapanas, Nyoto Suwignyo mengatakan kegiatan pemantauan lapangan ini untuk memastikan ketersediaan pasokan serta harga pangan di Pasar Tambun tetap stabil.

"Hari ini kegiatannya adalah kami melakukan monitoring pasokan dan harga dari bahan pokok penting. Misalnya beras, bawang merah, cabai, bawang putih, daging ayam maupun daging sapi," katanya, Selasa (13/8).

Ia menyatakan berdasarkan hasil pemantauan di pasar tradisional itu didapatkan harga komoditas cabai rawit merah masih relatif tinggi meski perlahan mengalami penurunan.

Satu kilogram cabai rawit merah kini dijual di kisaran Rp65-70 ribu.

"Hari ini sudah bagus, bahkan hari ini turunnya bisa Rp5-10 ribu, kalau kemarin Rp80 ribu, hari ini Rp70 ribu, bahkan tadi ada yang Rp65 ribu. Ini bagus karena di Jawa Timur posisinya sudah Rp60-55 ribu," katanya.

Kenaikan harga bahan pokok juga dialami pada komoditas beras dan minyak goreng, tetapi kenaikan tersebut dinilai masih dalam batas kewajaran.

Sementara untuk harga komoditas lain seperti telur ayam, daging ayam, dan daging sapi relatif stabil.

Bapanas bersama Satgas Pangan Kepolisian Republik Indonesia melakukan pemantauan harga bapok di Pasar Tambun, Kabupaten Bekasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News