Genap Berusia 540 Tahun, Begini Makna Logo Hari Jadi Kota Bogor

Minggu, 29 Mei 2022 – 21:55 WIB
Genap Berusia 540 Tahun, Begini Makna Logo Hari Jadi Kota Bogor - JPNN.com Jabar
Tampilan logo Hari Jadi ke-540 Kota Bogor. Foto: Source fo JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pada 3 Juni 2022, Kota Bogor genap berusia 540 tahun. Peringatan Hari Jadi Kota Bogor tahun ini mengusung tema ‘Abhinaya Satya Lestari’.

Masing-masing kalimat tersebut memiliki arti tersendiri. Abhinaya memiliki arti Semangat, Satya mengandung makna Tulus, dan Lestari artinya tidak berubah, bertahan, terus hidup.

Artinya, semangat yang tulus untuk menghadirkan program-program berkelanjutan bagi lingkungan agar bumi terus hidup atau lestari.

Kemudian, huruf dan angka pada logo tahun ini pun tak sembarang dengan menggunakan font bertema aksara dan logo Kujang Mata 9.

Bagi masyarakat Sunda, Kujang 9 dipandang sebagai refleksi ketajaman dan daya kritis, serta lambang kekuatan dan keberanian

Elemen sungai menggambarkan salah satu usaha kebijakan populer yang diputuskan Sri Baduga Maharaja, dengan menciptakan parit besar yang mengitari ibu kota Pajajaran, Pakuan. Langkah ini tertulis pada Prasasti Batutulis.

Menurut cerita, konon parit ini selain sebagai pengairan persawahan untuk kesejahteraan warga, juga menjadi sarana melindungi area ibu kota Pajajaran dari lawannya.

Kemudian daun, yang dalam logo ini sebagai simbol hidup harus bekerja sama atau berkolaborasi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merilis logo Hari Jadi ke-540 Kota Bogor. Simak penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News