Mantul! Pengelolaan Arsip Kabupaten Bogor Terbaik Se-Jawa Barat

Rabu, 25 Mei 2022 – 16:35 WIB
Mantul! Pengelolaan Arsip Kabupaten Bogor Terbaik Se-Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Ilustrasi. Potret Kantor Bupati Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, meraih peringkat enam nasional dengan kategori A atau memuaskan dalam pengelolaan arsip, berdasarkan hasil pengawasan kearsipan 2021 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP) Kabupaten Bogor TB Luthfie Syam dalam siaran pers di Kabupaten Bogor menjelaskan, bahwa Arsip Nasional Republik Indonesia setiap tahun melakukan pengawasan kearsipan, baik pengawasan kearsipan di tingkat kementerian, provinsi, kabupaten, kota, perguruan tinggi maupun swasta.

“Alhamdulillah, untuk tingkat kabupaten, Kabupaten Bogor berada di peringkat ke-6 dengan kategori A atau memuaskan, dan peringkat pertama untuk tingkat Jawa Barat. Aspek yang dinilai, di antaranya kebijakan dan pengelolaan arsip, hingga kualitas SDM serta sarana prasarananya," kata Luthfie.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo kepada Kepala DAP Kabupaten Bogor TB Luthfie Syam di Pekanbaru, pada Rabu (18/5) lalu.

Penghargaan tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 tahun 2009 dan Keputusan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 104 tahun 2022.

Luthfie menambahkan urusan kearsipan itu menjadi salah satu objek penilaian dalam penilaian reformasi birokrasi. Belum dikatakan menjalankan reformasi birokrasi dengan baik jika pengelolaan arsipnya belum baik. (antara/jpnn)

Soal pengelolaan arsip, Pemkab Bogor raih peringkat pertama di Jawa Barat dengan kategori A atau memuaskan, berdasarkan pengawasan kearsipan 2021 dari ANRI.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News