Begini Langkah UPT Demi Memperpanjang Masa Pakai TPA Cipayung

Senin, 23 Mei 2022 – 23:30 WIB
Begini Langkah UPT Demi Memperpanjang Masa Pakai TPA Cipayung - JPNN.com Jabar
Potret gunungan sampah di TPA Cipayung, Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/jpnn.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Sambil menunggu TPPAS Nambo beroperasi, Pemkot Depok terus melakukan berbagai upaya agar TPA Cipayung masih tetap bisa digunakan meski dalam kondisi yang sudah melebih kapasitas (overload).

Kepala UPT TPA Cipayung Dadan Ardan Kurniawan menerangkan, sebenarnya kelebihan muatan sampah di TPA Cipayung sudah terjadi sejak 2019 lalu.

“Sebenarnya upaya yang sangat realistis itu adalah pengalihan pembuangan ke TPPAS Nambo. Berhubung ada sesuatu hal yang membuatnya belum bisa dioperasikan, sehingga kami harus bisa mengoptimalkan pelayanan sampah di TPA Cipayung, yaitu dengan melakukan penataan,” ucap Ardan, Senin (23/5).

Ardan menjelaskan untuk penataan TPA Cipayung pihaknya nanti akan berkoordinasi dengan Provinsi Jawa Barat.

“Selian itu, kami juga akan pindahkan sampah-sampah tersebut ke titik-titik yang ketinggiannya masih belum begitu maksimal, agar bisa menambah usia TPA Cipayung walaupun tidak signifikan," jelasnya.

TPA Cipayung yang memiliki luas 11,2 hektare ini memiliki tiga landfill, dengan ketinggian sampah rata-rata mencapai 23 meter, ini juga akan dilakukan pengolahan sampah ramah lingkungan.

“Selain penataan, kami akan menggunakan metode Refuse Derived Fuel (RDF) untuk pengolahan sampah yang ada di TPA Cipayung,” tandasnya. (mcr19/jpnn)

UPT TPA Cipayung terus melakukan berbagai upaya, sambil menunggu TPPAS Nambo bisa digunakan untuk pembuangan sampah warga Kota Depok.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News