Disdukcapil Bandung Periksa Data Pendatang Pascamudik Lebaran 2022

Senin, 09 Mei 2022 – 19:00 WIB
Disdukcapil Bandung Periksa Data Pendatang Pascamudik Lebaran 2022 - JPNN.com Jabar
Suasana di Terminal Cicaheum, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung melakukan pendataan kepada warga pendatang dengan identitas luar kota.

Operasi simpatik ini dilakukan di tiga titik Kota Bandung, di antaranya Stasiun Kiaracondong, Terminal Cicaheum, dan Terminal Leuwipanjang.

“Melakukan pendataan bagi warga pendatang dengan identitas bukan Kota Bandung namun tinggal di Kota Bandung,” kata Sub Koordinator Pendataan Penduduk Valentina Winarni di Terminal Cicaheum, Bandung, Senin (9/5).

Dalam pendataan itu, petugas menggelar meja khusus yang wajib didatangi pendatang untuk membuat Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS).

Teknisnya, petugas di lapangan menunggu kedatangan bus antarprovinsi atau daerah maupun kereta jarak jauh. Ketika penumpang turun, petugas kemudian menghampiri para penumpang dan menanyakan identitas mereka, hingga tujuan tinggal di Bandung.

Bagi pendatang yang tidak memiliki STKS, petugas mengarahkan mereka untuk membuat STKS di meja yang disediakan.

“Untuk mereka yang bekerja di Bandung dan tidak berniat pindah ke Bandung kami sarankan untuk membuat surat STKS,” jelasnya.

Valentina menerangkan, berdasarkan catatan di Terminal Cicaheum ada sekitar 80 orang pendatang yang terdata dan membuat STKS pada Minggu (8/5). Sedangkan, hari ini tercatat sekitar 50 orang pendatang yang membuat STKS.

Disdukcapil Bandung melakukan pendataan kepada warga pendatang Kota Bandung. Warga pendatang wajib membuat STKS disediakan di terminal dan stasiun.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News