Lembang Bandung Macet Dipenuhi Wisatawan, Polisi Lakukan Rekayasa Lalin

Kamis, 05 Mei 2022 – 17:27 WIB
Lembang Bandung Macet Dipenuhi Wisatawan, Polisi Lakukan Rekayasa Lalin - JPNN.com Jabar
Polisi tengah mengatur lalu lintas kendaraan di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Arus lalu lintas di wisata kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpantau padat. Diperkirakan hari ini memasuki puncak kunjungan wisata.

Antrean kendaraan di tempat wisata bahkan diperkirakan mengular sepanjang tiga hingga empat kilometer. Antrean itu terukur dari pintu masuk objek wisata The Great Asia Africa hingga Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Polisi melakukan beberapa kali rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di sana. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi berkoordinasi dengan jajaran Satlantas Polrestabes Bandung untuk pengaturan.

Berdasarkan pantauan, polisi juga melakukan pengalihan arus lalu lintas ke jalur alternatif melalui Jalan Sersan Bajuri, Parongpong, Bandung Barat.

Kasatlantas Polres Cimahi Sudirianto mengatakan, pada saat jalur arteri di Lembang sudah tidak muat lagi karena kendaraan menumpuk, maka polisi melakukan pengalihan ke jalur alternatif.

Selain dari arah Kota Bandung, polisi juga melakukan pengalihan arus kendaraan wisata dari arah Subang. Jika ada penumpukan di sekitaran Lembang, maka kendaraan dialihkan ke Jalan Maribaya.

“Nanti ada pertigaan Panorama, kendaraan yang dari arah Subang kami tekuk kiri melalui Maribaya. Kemudian, kalau di (simpang) Beatrix sudah tidak bisa menampung, maka kendaraan dari Bandung akan tekuk kiri mengarah ke Cisarua dan Cimahi,” kata Sudirianto di Lembang, Kamis (5/5).

Pengalihan arus juga dilakukan di jalur alternatif lain, yakni di Jalan Kolonel Masturi, Cisarua. Satlantas menempatkan petugas sebanyak 10 personel yang bertugas sebagai tim pengurai. Nantinya petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas bisa kepadatan kembali terjadi.

Pada H+3 lebaran, kawasan Lembang padat kendaraan yang menuju objek wisata. Polisi lakukan pengalihan arus ke jalur alternatif guna urai kemacetan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News