Antisipasi Hepatitis Akut, Begini Pesan Dinkes Kota Depok Untuk Masyarakat

Kamis, 05 Mei 2022 – 15:50 WIB
Antisipasi Hepatitis Akut, Begini Pesan Dinkes Kota Depok Untuk Masyarakat - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau kepada masyarakat agar waspada terkait kasus hepatitis akut, yang hingga kini belum diketahui penyebabnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengungkapkan, untuk di Kota Depok hingga kini belum ada laporan dari Puskesmas ataupun rumah sakit mengenai temuan kasus tersebut.

“Belum ada laporan yang masuk dan jangan sampai ada,” singkatnya, Kamis (5/5).

Dirinya menjelaskan, untuk pasien yang terjangkit hepatitis akut biasanya akan mengalami sejumlah gejala, seperti penurunan kesadaran, demam tinggi atau riwayat demam, urine berubah warna menjadi pucat atau gelap, kuning, gatal, sendi terasa nyeri atau pegal-pegal.

Selain itu, gejala lainnya yakni mual, muntah, nyeri perut, lesu, hilang nafsu makan, dan diare.

“Kami sudah menyiapkan link laporan kejadian, jika Puskesmas atau rumah sakit mendapati pasien dengan gejala yang diduga hepatitis akut untuk segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

Karena penyakit tersebut belum diketahui penyebabnya, dia mengajak masyarakat agar tetap tenang dan berhatai-hati, serta tetap menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dengan menjaga kebersihan seperti mencuci tangan, minum air bersih yang matang, makan yang bersih dan matang secara penuh, membuang tinja atau popok sekali pakai sesuai pada tempatnya, membawa perlengkapan makan sendiri-sendiri, disiplin menggunakan masker, dan tetap menjaga jarak,” jelasnya.

Dinas Kesehatan Kota Depok mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan PHBS dan segara periksa ke Puskesmas atau Rumah sakit jika terjadi gejala hepatitis akut.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News