H-9 Lebaran, Menhub Budi Sebut Sudah Ada Peningkatan Mobilitas Kendaraan

Sabtu, 23 April 2022 – 21:30 WIB
H-9 Lebaran, Menhub Budi Sebut Sudah Ada Peningkatan Mobilitas Kendaraan - JPNN.com Jabar
Kepadatan kendaraan di Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung di H-9 menuju Idul Fitri 1443 Hijriah. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan mobilitas pemudik pada H-9 menuju Idul Fitri 1443 Hijiriah sudah ada kenaikan. Diperkirakan kenaikan 5 hingga 10 persen bila dibandingkan tahun 2019.

Budi berharap angka tersebut menjadi pertanda yang baik setelah adanya imbauan kepada masyarakat untuk mudik lebih awal guna mencegah adanya kemacetan pada saat punca arus terjadi.

“Hari ini alhamdulillah sudah naik, dibandingkan 2019, itu naik sekitar 5 sampai 10 persen, jadi mudah-mudahan ini berita baik juga,” kata Budi di Kantor Jasa Marga, Jalan Dr. Djunjunan, Bandung, Sabtu (23/4).

Kata Budi, pada 2022 pihaknya memprediksi bakal ada kenaikan mobilitas pemudik sebesar 40 persen dibandingkan dengan tahun 2019. Padahal, tiga tahun lalu juga mengalami beban arus mudik yang cukup berat.

Ia pun memastikan, unsur kepolisian di wilayah Jabar yang dilalui pemudik yang menggunakan Tol Cikampek – Palimanan telah menyiapkan beragam antisipasi untuk mengurangi kemacetan.

Maka dari itu, rekayasa lalu lintas satu arah di Tol Trans Jawa mulai dari KM 47 Tol Jakrta – Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Semarang akan menyebabkan limpahan arus ke jalur arteri pantai utara (pantura).

“Saya minta untuk melakukan antisipasi, memetakan kemungkinan yang terjadi, sehingga kalau pun terjadi suatu lonjakan yang cukup tinggi, kami tetap dalam kontrol,” ucapnya. (mcr27/jpnn)

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan sudah ada peningkatan arus mobilitas kendaraan menuju Idulfitri 1443 Hijriah.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News