Pemkab Purwakarta Menargetkan Seluruh Penduduk Mendapatkan Jaminan Kesehatan

Jumat, 22 April 2022 – 18:55 WIB
Pemkab Purwakarta Menargetkan Seluruh Penduduk Mendapatkan Jaminan Kesehatan - JPNN.com Jabar
Deklarasi Universal Health Coverage (UHC). Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan semesta dengan menargetkan seluruh penduduk mendapatkan jaminan kesehatan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan, dalam agenda deklarasi ini BPJS Kesehatan Cabang Karawang dan Pemkab Purwakarta melakukan penandatanganan rencana kerja, penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi penduduk pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja yang didaftarkan oleh pemerintah.

“Ini juga sebagai salah satu wujud nyata sinergitas BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupeten Purwakarta dalam penyelenggaraan JKN-KIS,” ucap Anne.

Saat deklarasi, Ambu Anne mengajak jajarannya dan seluruh elemen masyarakat untuk memberikan sosialisasi, edukasi, informasi, serta advokasi kepada peserta JKN-KIS agar mendapatkan manfaat dari program ini secara optimal.

“Tentu saja nantinya melalui program ini, dapat memudahkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan,” terangnya.

Direktur BPJS Kesehatan Mundiharno mengungkapkan, penduduk Kabupaten Purwakarta patut mengapresiasi dukungan dan peran Pemkab Purwakarta beserta perangkat daerah dalam memaksimalkan program JKN-KIS.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah berkontribusi sedikitnya 40 persen untuk pembiayaan peserta bukan penerima upah dan bukan pekerja yang didaftarkan oleh pemda di masing-masing kabupaten dan kota di Jawa Barat,” ujarnya.

Baginya, hal tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, bahwa Bupati dan Wali Kota diharapkan membantu menyukseskan keberlangsungan Program JKN-KIS.

Untuk mewujudkan program UHC, Pemerintah Kabupaten Purwakarta menargetkan seluruh masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News