Hindari Kepadatan di Pantura, Ridwan Kamil Sarankan Pemudik Lewat Jalur Selatan

Jumat, 15 April 2022 – 13:50 WIB
Hindari Kepadatan di Pantura, Ridwan Kamil Sarankan Pemudik Lewat Jalur Selatan - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau bagi para pemudik yang hendak menuju Jawa Tengah agar memilih jalur selatan. Pasalnya, saat ini kondisi jalan di jalur selatan dinilai sudah siap dilintasi pemudik.

“Coba liat (jalur) pantai selatan, karena jalur selatan juga sudah layak (dilintasi pemudik),” ujar Ridwan Kmail dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (15/4).

Eks Wali Kota Bandung itu menyebut, jalur selatan tengan dipersiapkan dengan sangat baik oleh DInas Bina Marga Jabar, untuk menyambut mudik lebaran 2022.

Hal itu dilakukan agar pemudik aman dan nyaman dalam berkendara melalui jalur selatan. Sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan pemudik di jalur pantura saja.

“Semua sedang dikerjakan (Jalan rusak jelang mudik), khususnya persiapan untuk mudik dan lagi direkomendasikan jangan semua lewat Pantura,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub jabar A. Koswara mengatakan, untuk mengantisipasi mudik pertama di masa pandemi Covid-19, Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat telah menyiapkan beberapa strategi penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022.

Pertama, penyediaan info jalur utama dan alternatif mudik bagi masyarakat. Kemudian, rekayasa jalur lalu lintas di titik-titik prioritas, penyediaan layanan rest area yang nyaman bagi pemudik, penyediaan informasi arus lalu lintas secara live report.

“Kami juga tentunya melakukan analisis data yang ditujukan sepenuhnya untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan lalu lintas mudik,” kata Koswara.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyarankan pemudik yang menuju wilayah Jawa Tengah agar lewat jalur selatan dibandingkan pantura. Simak penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News