Potensi Zakat Kota Bandung Tahun Ini Bisa Mencapai Rp 1,6 Triliun

Kamis, 07 April 2022 – 12:30 WIB
Potensi Zakat Kota Bandung Tahun Ini Bisa Mencapai Rp 1,6 Triliun - JPNN.com Jabar
Zakat fitrah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung menyampaikan potensi zakat di Bandung bisa mencapai Rp 1,6 triliun. Angka fantastis ini diharapkan bisa membantu menangani masalah kemiskinan di Kota Bandung.

Tercatat ada 62.000 orang mustahik atau penerima zakat yang terdapat di Kota Bandung.

Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Baznas Kota Bandung Arif Nurakhman mengatakan, pada tahun 2021, Baznas Bandung telah menghimpun zakat sebesar Rp 88 miliar.

“Kami kumpulkan lewat empat LAZ, terhimpun Rp 88 miliar dana zakat. Terdiri dari zakat fitrah, zakat mal dengan turunannya seperti pertanian, penghasilan dan usaha yang berkembang,” kata Arif melalui keterangan resminya, Kamis (7/4).

Arif mengakui, sejak pandemi dua tahun lalu, penghimpunan zakat mal di Bandung mengalami penurunan dari Rp 2,6 miliar menjadi Rp 2,2 miliar.

Sedangkan, zakat fitrah turun dari sebelumnya tahun 2020 sebanyak Rp 34,6 miliar menjadi Rp 33,7 miliar di tahun 2021.

“Kami sudah kerja sama dengan karang taruna untuk membangun Gerakan Sadar Zakat. Skemanya dengan sosialisasi dan edukasi zakat. Bisa berupa penyuluhan dan bakti sosial (baksos),” jelasnya.

Di samping itu, upaya lainnya berupa memaksimalkan sarana dan prasarana fundraising melalui optimasi digital serta memanfaatkan jaringan masyarakat di Bandung.

Potensi zakat di Kota Bandung mencapai Rp 1,6 triliun. Selama pandemi, penghimpunan zakat di Bandung alami penurunan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News