40 Warga Depok Operasi Katarak Gratis di RSUD KiSA

Senin, 28 Oktober 2024 – 14:30 WIB
40 Warga Depok Operasi Katarak Gratis di RSUD KiSA - JPNN.com Jabar
Para pasien yang mengikuti operasi katarak bersama Civitas RSUD KiSA Kota Depok, PT Elera dan Perdami Wilayah Jakarta, di Aula Gedung BD, RSUD KiSA. Foto : Dokumen Pribadi

jabar.jpnn.com, DEPOK - Puluhan warga Depok mengikuti bakti sosial operasi katarak secara gratis yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Khidmat Sehat Afiat (RSUD KiSA) Kota Depok yang berkolaborasi dengan PT Erela dan Persatuan Dokter Mata Indonesia Wilayah Jakarta.

Dikrektur RSUD KiSA Depok, Sobari mengatakan sebanyak 40 warga Depok yang mendapatkan operasi gratis hasil kolaborasi pemerintah dengan stakeholder di Depok.

Dia menjelaskan katarak merupakan kondisi mata yang menyebabkan kekeruhan pada lensa mata, sehingga mempengaruhi penglihatan.

Sobari mengatakan operasi katarak hari ini menggunakan metode Phacoemulsifikasi, umumnya dengan luka minimal dan tanpa jahitan. Proses penyembuhannya pun akan lebih cepat.

"Lima hari sampai satu pekan setelah operasi, mata pasien tidak boleh terkena air. Tidur juga diperhatikan jangan miring ke arah mata yang dioperasi," ucapnya.

Pihaknya berharap setelah operasi ini seluruh pasien dapat kembali beraktivitas secara normal tanpa gangguan penglihatan lagi.

"Kolaborasi ini mudah-mudahan bisa terus berlanjut, agar semakin banyak masyarakat Depok yang terbantu," terangnya.

Manager Produk PT Erela, Andriani Tjahjaningsih Larosa mengungkapkan, RSUD KiSA menjadi lokasi ke-23 penyelenggaraan baksos operasi Katarak yang diselenggarakan oleh pihaknya di seluruh Indonesia.

Sebanyak 40 warga Depok mengikuti operasi katarak gratis di RSUD KiSA Depok berkolaborasi dengan PT Erela dan Persatuan Dokter Mata Indonesia
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News