1.000 Vaksin Disiapkan Pemkab Subang Untuk Mencegah Penyebaran Rabiess

Selasa, 01 Oktober 2024 – 14:30 WIB
1.000 Vaksin Disiapkan Pemkab Subang Untuk Mencegah Penyebaran Rabiess - JPNN.com Jabar
Ilustrasi vaksinasi rabies terhadap sejumlah hewan peliharaan. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUBANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang mewaspadai penyebaran kasus rabies yang disebabkan hewan penular rabies baik anjing maupun kucing karena dapat menular ke manusia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Subang, Asep Nuroni mengatakan bahwa penyebaran kasus rabies perlu diwaspadai dan perlu menjadi perhatian khusus.

Hal tersebut disampaikan karena rabies merupakan penyakit yang bersifat zoonosis atau penyakit yang bisa menular baik dari hewan ke hewan atau dari hewan ke manusia.

Atas hal tersebut, ia mengajak masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, perlu divaksinasi. Kesadaran untuk melakukan vaksinasi hewan peliharaan ini harus ditingkatkan.

"Dengan adanya kesadaran yang kita miliki akan pentingnya vaksinasi kepada hewan peliharaan, ini akan berimbas terhadap meningkatnya kualitas kesehatan hewan dan kesehatan lingkungan sekitar," katanya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Subang, Deden Herdiana menyampaikan bahwa pada peringatan Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 September, pihaknya menyiapkan 1.000 vaksin.

Sebanyak 1.000 vaksin itu disiapkan untuk penyuntikan ke 1.000 hewan peliharaan sebagai daya pertahanan tubuh hewan, sekaligus mencegah penyebaran penyakit rabies terhadap manusia.

"Dampak dari penyebaran virus rabies ini dapat menular kepada manusia, karena itu kami menyiapkan vaksin demi keamanan dan kenyamanan bersama," katanya.

Pemkab Subang menyiapkan 1.000 dosis vaksin untuk mencegah penyebaran rabies dari hewan penular, baik itu anjing atau pun kucing.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News