CSWM UI Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Soal Pengelolaan Sampah Berbasis Ekonomi Sirkular

Minggu, 22 September 2024 – 16:26 WIB
CSWM UI Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Soal Pengelolaan Sampah Berbasis Ekonomi Sirkular - JPNN.com Jabar
CSWM UI berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Sawangan, Depok dalam pengelolaan sampah plastik melalui pendekatan berbasis ekonomi sirkular. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Implementasi Hibah Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI). Center for Sustainability and Waste Management (CSWM) UI berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Sawangan, Depok dalam pengelolaan sampah plastik melalui pendekatan berbasis ekonomi sirkular. 

Komitmen itu dituangkan dalam program Capacity Building bertajuk 'Memajukan Ekonomi Sirkular dengan Teknologi Komunal untuk Solusi Sampah Maksimal'. Program ini pun dipimpin langsung oleh Prof. Mochamad Chalid. 

Adapun CSMW UI ini adalah unit penelitian dan pengembangan yang berkomitmen untuk mempromosikan praktik berkelanjutan dan mengatasi tantangan manajemen sampah. 

CSWM UI terus berinovasi dalam pengelolaan sampah dengan mengedepankan prinsip ekonomi sirkular serta intervensi sosial yang mendalam. 

Prof. Mochamad Chalid mengatakan, program ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan mendorong perubahan perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap masalah sampah di lingkungan mereka. 

Salah satu fokus utama dari kegiatan ini adalah capacity building yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelola sampah, baik melalui pemilahan yang efektif maupun penerapan teknologi daur ulang. 

“Program ini tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat agar lebih sadar akan dampak sampah dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam mengelola sampah secara mandiri,” ucap Chalid dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Minggu (22/9). 

Chalid menuturkan, program ini mencakup forum diskusi interaktif melalui metode pemetaan partisipatif dengan masyarakat. 

CSWM UI berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Sawangan, Depok dalam pengelolaan sampah plastik melalui pendekatan berbasis ekonomi sirkular.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News