Etnis Tionghoa Turut Ramaikan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Bandung

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 12:50 WIB
Etnis Tionghoa Turut Ramaikan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Bandung - JPNN.com Jabar
Etnis Tionghoa ikut serta dalam upacara HUT ke-79 RI di SMA Citra Cemara, Kota Bandung, Sabtu (17/8). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Warga Kota Bandung keturunan Tionghoa melaksanakan upacara pengibaran bendera memperingati HUT ke-79 RI di SMA Citra Cemara, Kota Bandung pada Sabtu (17/8). 

Upacara tersebut dihadiri oleh para pemuka agama di Kota Bandung. 

Direktur Pengembangan dan Riset RSPAD Gatot Subroto Brigjen TNI Jonny mengatakan, etnis Tionghoa berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. 

Menurutnya, Indonesia terdiri dari berbagai etnis, termasuk Tionghoa. 

"Kita lihat juga pada upacara kali ini banyak veteran perang yang berasal dari etnis Tionghoa. Ini bukti mereka juga berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," ucap Jonny yang juga menjadi Inspektur upacara.

Dia berharap di ulang tahun ke-79 ini, Indonesia semakin maju dan menjadi negara yang tetap menjunjung tinggi persatuan. Jonny juga meyakini bahwa saat ini tak ada lagi diskriminasi terhadap etnis Tionghoa.

Sementara itu, Koordinator Bakti Sosial Masyarakat Tionghoa Peduli (MTP) Djoni Toat menyatakan kegiatan 17 Agustus merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya. Bahkan menurutnya saat ini kegiatan itu sudah menginjak tahun ke-20.

"Setiap tahunnya kami rutin juga memberikan kadedeuh kepada para veteran dan masyarakat dengan jumlah 1.000-1.200 paket kadedeuh. Sementara acara ini diselenggarakan di sekolah-sekolah swasta secara bergantian," ucap Djoni. 

Warga Kota Bandung keturunan Tionghoa melaksanakan upacara pengibaran bendera memperingati HUT ke-79 RI di SMA Citra Cemara, Kota Bandung pada Sabtu (17/8). 
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News