Kecam Aturan Paskibraka Lepas Hijab, PPI Jabar Minta BPIP Buat Permohonan Maaf

Kamis, 15 Agustus 2024 – 20:30 WIB
Kecam Aturan Paskibraka Lepas Hijab, PPI Jabar Minta BPIP Buat Permohonan Maaf - JPNN.com Jabar
Pengukuhan anggota Paskibraka Kabupaten Sumedang untuk upacara HUT Ke-79 RI di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kabupaten Sumedang, oleh Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli, Kamis (15/8). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Jawa Barat mengecam keras aturan larangan mengenakan hijab bagi anggota Paskibraka Nasional yang bertugas pada upacara HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Adapun polemik ini muncul setelah anggota paskibraka yang hadir tanpa mengenakan hijab saat pengukuhan oleh Presiden Joko Widodo di IKN pasa Selasa (13/8/2024). 

Saat itu, ada beberapa anggota paskibraka putri yang melepas hijabnya saat acara pengukuhan, karena dipaksa aturan. 

"PPI Jabar mengecam dengan keras kepada panitia penyelenggara program pasukan pengibaran bendera pusaka atau paskibraka tingkat pusat tahun 2024," kata Ketua PPI Jabar Fajar Arif Budiman ditemui di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kabupaten Sumedang pada Kamis (15/8). 

"Sehubungan dengan apa yang terjadi pada acara pengukuhan paskibraka tingkat pusat tahun 2024 seluruh anggota paskibraka putri tidak ada yang mengenakan jilbab atau hijab," lanjutnya. 

PPI menilai aturan pelepasan hijab itu sudah melanggar nilai-nilai Pancasila khususnya sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, melanggar Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan mencederai perasaan umat muslim di Indonesia. 

Menurutnya, peristiwa ini terjadi saat momentum kegiatan Paskibraka Nasional, khususnya dalam peringkat HUT RI. 

"Ironinya pelanggaran tersebut terjadi di dalam kegiatan paskibraka tingkat pusat tahun 2024, yang pelaksanaannya di bawah naungan badan ideologi Pancasila, yang salah satu programnya menyiapkan kader calon pemimpin bangsa yang berpancasila," terangnya. 

PPI Jabar mengecam keras aturan larangan mengenakan hijab bagi anggota Paskibraka Nasional yang bertugas pada upacara HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News