Mahfud MD Sebut Kondisi Papua Tidak Darurat

Rabu, 30 Maret 2022 – 19:00 WIB
Mahfud MD Sebut Kondisi Papua Tidak Darurat - JPNN.com Jabar
Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan kondisi Papua yang disebut aman dan tidak darurat, meski sedang terjadi serangan teroris bersenjata KKB. Ilustrasi Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD menerangkan soal situasi di Papua yang kini tengah dalam sorotan.

Mahfud menyatakan bahwa saat ini kondisi di Papua dalam status normal dan tidak darurat.

“Saudara harus memahami bahwa sebenarnya hal-hal seperti ini sudah lama terjadi, tetapi ini memang menjadi berita karena sekarang ada pendekatan baru, pendekatan yang dipakai adalah pendekatan territorial,” kata Mahfud di Kampus IPDN, Kabupaten Sumedang, Rabu (30/3).

“Kondisi Papua itu sebenarnya normal saja,” tambahnya.

Menurut Mantan Ketua MK itu, situasi normal di Papua ini dilihat dari tidak banyaknya jumlah senjata ilegal yang dirampas oleh petugas keamanan di Papua.

Di sisi lain, sambung Mahfud, jumlah senjata yang dirampas oleh petugas justru marak ditemukan di provinsi besar, seperti DKI Jakarta, Aceh hingga Jawa Tengah yang selama ini dinilai aman.

Katanya, dalam setahun jumlah senjata ilegal yang diamankan di Papua berjumlah 111.

“Dalam setahun tuh senjata yang berhasial dirampas karena ilegal 111 senjata atau pucuk, katanya di sana tidak aman. Sementara di tempat yang aman seperti Maluku, Aceh, Jakarta, dan Jateng itu ratusan, bahkan ribuan senjata. Itu berarti di tempat yang aman saja senjatanya banyak,” jelasnya.

Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan kondisi Papua yang disebut aman dan tidak darurat, meski sedang terjadi serangan teroris bersenjata KKB.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News