Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Pimpin Upacara Pemakaman Mendiang Hamzah Haz

Rabu, 24 Juli 2024 – 22:00 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Pimpin Upacara Pemakaman Mendiang Hamzah Haz - JPNN.com Jabar
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto di pemakaman, Desa Jogjogan, Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/7/2024). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto memimpin upacara pemakaman jenazah Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz di pemakaman keluarga, Desa Jogjogan, Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (24/7).

"Dalam rangka upacara secara militer, upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan atas dasar dharma bakti pengabdian almarhum kepada negara," ungkap Hadi Tjahjanto saat memimpin upacara pemakaman.

Ia mengaku kehilangan atas berpulangnya almarhum Hamzah Haz. Namun, kata dia, kepergian Wapres ke-9 ini harus diterima dengan ketawakalan dan keikhlasan.

"Pada kesempatan ini saya selaku inspektur upacara mewakili pemerintah serta seluruh masyarakat menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum," ujar Hadi Tjahjanto.

Ia mengatakan pengabdian Hamzah Haz kepada negara perlu diteladani oleh seluruh masyarakat.

"Marilah kita semua mendoakan dan memaafkan almarhum semoga kesalahan dan kekhilafan serta dosa yang ada pada almarhum diampuni dan arwahnya diterima oleh tuhan yang maha esa serta mendapat tempat yang dimuliakan," tuturnya.

Sementara perwakilan keluarga Hamzah Haz, Zarkasih Nur di tempat yang sama menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah dan masyarakat yang hadir pada upacara pemakaman.

"Oleh karenanya jikalau ada kesalahan beliau, tolong dibukakan pintu maaf yang seluas luasnya. Dan kepada Allah lah kita serahkan apa yang kita kerjakan dan kita sampaikan ini dan semoga doa ini diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT)," kata Zarkasih.

Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto memimpin upacara pemakaman jenazah Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News