Ratusan Pelajar SMK Telkom Ikut Pelatihan Cyber Security Awareness

Sabtu, 13 Juli 2024 – 13:50 WIB
Ratusan Pelajar SMK Telkom Ikut Pelatihan Cyber Security Awareness - JPNN.com Jabar
Sebanyak 655 pelajar dari SMK Telkom di Indonesia mengikuti webinar ‘Cyber Security Awareness’ yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sebanyak 655 pelajar dari SMK Telkom di Indonesia mengikuti webinar ‘Cyber Security Awareness’ yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Webinar diikuti siswa dari lima SMK yang berada di bawah naungan YPT.

Ke lima SMK itu dari Telkom Malang, Jakarta, Purwokerto, Banjarbaru, dan Sidoarjo, yang dipusatkan di SMK Telkom Malang, pada Rabu (2/7/2024).

Pelatihan webinar tersebut merupakan rangkaian dari pelatihan serupa yang dilakukan secara onsite di Kampus Telkom Makassar dan SMK Telkom Malang.

Materi pelatihan lebih dikhususkan pada pendalaman data personal diseluruh platform media sosial, mulai kategori data pribadi hingga bagaimana para pelaku kejahatan siber menjalankan aksinya, sehingga masyarakat harus menyiapkan antisipasi dan proteksi terhadap data pribadi di media sosial.

Beberapa pemateri juga menjelaskan mengenai social engineering atau praktik manipulasi psikologis yang dilakukan oleh penyerang (pelaku kejahatan siber) untuk memperoleh informasi sensitif.

Para pelaku kejahatan digital juga memiliki akses ke sistem atau sumber data yang seharusnya terbatas. Serangan ini seringkali menggunakan sosial dan psikologis manusia untuk mencapai tujuan mereka.

Ketua Pelaksana kegiatan, Aris Puji Santoso mengatakan pelatihan yang digelar PT Telkom dan YPT sangat besar manfaatnya bagi siswa agar lebih bijak dalam bermedia sosial, terutama menyadari akan pentingnya melakukan proteksi data pribadi.

“Pelatihan Cyber Security Awareness yang mengambil judul 'Keamanan Digital untuk Generasi Masa Depan' merupakan program yang sangat luar biasa. Materi yang disampaikan oleh expert dari SMK Telkom Malang sangat mendalam, sangat teknis, sehingga menumbuhkan kesadaran kita untuk selalu konsen terhadap perlindungan data pribadi melalui gawai dan media digital yang setiap hari kita gunakan,” kata Aris dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2024).

Sebanyak 655 pelajar dari SMK Telkom di Indonesia mengikuti webinar ‘Cyber Security Awareness’ yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News