Kota Sukabumi Sukses Jadi Pilot Project Sistem Manajemen Kebocoran Air Pintar

Minggu, 27 Maret 2022 – 14:45 WIB
Kota Sukabumi Sukses Jadi Pilot Project Sistem Manajemen Kebocoran Air Pintar - JPNN.com Jabar
Petugas sedang mengindentifikasi kebocoran air. Foto: Dokumen Pribadi

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Kota Sukabumi sukses menjadi proyek percontohan atau pilot project penerapan non revenue water (NRW) atau air tak berekening demi mencegah kebocoran air.

Hasil tersebut diperoleh setelah Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan WI.Plat Co., Ltd, Sanghoon Cha didampingi CEO PT Supra Internasional Indonesia, Adhi Pramudito melakukan kunjungan kerja ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Bumi Wibawa, Selasa (22/3) kemarin.

Kunjungan kerja yang berlangsung selama tiga hari itu merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani sebelumnya untuk proyek percontohan penerapan sistem manajemen kebocoran air di Kota Sukabumi melalui program Creative Technology Solution (CTS) dari Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Proses deteksi kebocoran dan pemeriksaan menggunakan alat IoT Sonic M1 telah dilakukan pada lebih dari 2500 titik sambungan pada bulan Februari dan Maret 2022.

Data pemantauan telah diolah oleh Artificial Intelligence secara realtime dan menghasilkan beberapa suspek titik kebocoran air.

Kini, ketiga pihak yang sebelumnya melakukan kerja sama secara virtual ini bersama-sama dapat melakukan pemantauan langsung titik kebocoran air yang sebelumnya telah dilakukan oleh tim Perumda Tirta Bumi Wibawa bersama PT Supra Internasional Indonesia menggunakan teknologi pendeteksi kebocoran air Sonic M1 dari WI.Plat. Co., Ltd.

Teknologi pencari kebocoran air Sonic M1 dari WI.Plat. Co., Ltd merupakan teknologi baru yang diterapkan di Indonesia dengan mendeteksi gelombang akustik suara kebocoran air yang berada di saluran pipa melalui IoT, Artificial Intelligence dan Cloud Technology

Gelombang akustik suara tersebut kemudian dianalisis oleh AI dengan interpolasi menyeluruh antara data debit, tekanan air, ketinggian elevasi, dan tingkat kebocoran. Identifikasi kebocoran air dengan Sonic M1 telah dilaksanakan pada dua DMA area studi, yaitu Batukarut dan Kadudampit.

Kota Sukabumi sukses menjadi pilot project penerapan non revenue water (NRW) atau air tak berekening demi mencegah kebocoran air.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News