Cegah Kasus Keracunan Makanan Terulang, Dinkes Kota Bogor Gelar Pelatihan Peningkatan Higienis Pangan

Jumat, 07 Juni 2024 – 21:00 WIB
Cegah Kasus Keracunan Makanan Terulang, Dinkes Kota Bogor Gelar Pelatihan Peningkatan Higienis Pangan - JPNN.com Jabar
Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno saat memberikan sambutan di acara pelatihan penjamah makanan. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar pelatihan penjamah makanan untuk meningkatkan standar kualitas hygiene sanitasi keamanan pangan di restoran, rumah makan dan jasa boga di wilayah Kota Bogor.

Adapun, pelatihan ini berlangsung selama dua hari yang berlangsung di Pasaban Ageng, Gedung B Lantai 2, Kantor Dinas Kesehatan Kota Bogor, belum lama ini.

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan pelatihan hygiene sanitasi pangan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai restoran, jasa boga dan pelaku UMKM di Kota Bogor.

"Pelatihan ini bertujuan agar semua penjamah makanan mematuhi dan memahami tentang pengelolaan makanan yang higienis, sehat dan aman," kata Sri Nowo Retno.

Menurut dia, pelatihan ini mencakup berbagai topik yang penting dalam penanganan dan penyajian makanan, antara lain, peletakan tata letak dapur, memastikan dapur diatur dengan cara yang meminimalkan risiko kontaminasi dan keselamatan kerja.

Selain itu, teknik pencucian peralatan makan dan metode pencucian alat makan dan alat dapur yang efektif untuk mencegah penyebaran bakteri.

Selanjutnya, materi terkait pembuangan limbah dan sampah serta sistem pembuangan limbah yang terolah dengan baik berikut penanganan sampah yang tepat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut Retno, Higienis Sanitasi Makanan dan Minuman pun menjadi penting, di mana proses pengolahan makanan memastikan kebersihan dan keamanan pangan tersebut.

Dinkes Kota Bogor menggelar pelatihan penjamah makanan untuk meningkatkan standar kualitas hygiene sanitasi keamanan pangan di rumah makan
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News