Teruntuk Pemudik, Pj Walkot Bandung: Jangan Bawa Saudara Pengangguran dari Kampung Halaman

Jumat, 12 April 2024 – 17:00 WIB
Teruntuk Pemudik, Pj Walkot Bandung: Jangan Bawa Saudara Pengangguran dari Kampung Halaman - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Pendataan warga pendatang oleh petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Terminal Cicaheum, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono meminta kepada warganya untuk tidak membawa saudara dari kampung halaman untuk merantau ke Kota Bandung.

Dikhawatirkan, angka pengangguran di Bandung semakin tinggi apabila ada warga pendatang.

“Apabila pulang ke kampung halamannya, tolong begitu ya jangan mengajak kepada saudari-saudaranya masuk Kota Bandung tanpa ada sebuah tujuan yang jelas,” kata Bambang di Bandung, Jumat (12/4).

Menurut Bambang, hal tersebut bertujuan untuk menekan urbanisasi ke Kota Bandung. Apabila ada pendatang tidak memiliki tujuan yang jelas maka dikhawatirkan menjadi pengangguran baru.

“Kalau sudah pasti ada panggilan kerja silakan, tapi ini pun kami coba batasi,” ungkapnya.

Bambang menambahkan, pihaknya telah meminta Dinas Perhubungan maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menanyakan tujuan para pendatang ke Kota Bandung melalui termina maupun stasiun kereta api.

Petugas akan melakukan tindakan tegas kepada para pendatang atau perantau yang tiba di Bandung namun tidak ada tujuan. Pendatang akan diminta untuk kembali ke asal daerahnya.

“Saya sudah meminta juga kepada petugas perhubungan di beberapa terminal, yang masuk ke terminal itu coba ditanya, tujuannya apa. Kalau misalkan tidak ada tujuan, diharapkan untuk kembali lagi,” ujarnya.

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono meminta kepada warganya untuk tidak membawa saudara dari kampung halaman untuk merantau ke Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News