Puluhan Anak yang Tinggal di Dekat Gudmurah Alami Trauma Gegara Ledakan di Gudang Amunisi Kodam Jaya

Senin, 01 April 2024 – 10:00 WIB
Puluhan Anak yang Tinggal di Dekat Gudmurah Alami Trauma Gegara Ledakan di Gudang Amunisi Kodam Jaya - JPNN.com Jabar
Cluster Visalia, Kota Wisata Cibubur, Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: Antara

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Warga Cluster Visalia, Kota Wisata Cibubur, menyatakan sikap seusai ledakan Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang lokasinya tak jauh dari kediaman mereka.

Sekretaris Pengurus Cluster Visalia, Aldi Setiadi menceritakan dampak ledakan tersebut pada anak-anak mereka.

Warga Cluster Visalia merupakan bagian dari 324 warga yang mengungsi setelah terjadinya ledakan gudang pada Sabtu (30/3) malam, karena alasan keamanan.

"Ledakan terjadi mengakibatkan trauma psikologis kepada anak-anak kami. Kebanyakan anak anak itu, ya berdasarkan obrolan (dengan orangtuanya), mereka tidak bisa tidur, trauma," ujar Aldi.

Ia mengungkapkan anak-anak sempat histeris saat terjadi kobaran api dan kepulan asap serta suara ledakan beruntun. Terlebih, ledakan pertama terjadi saat sedang mereka sedang berbuka puasa.

"Karena (anak-anak) kami juga lagi ada acara ramadan di klaster komplek dari jam 5 sore sampai jam 6 dan lanjut buka puasa. Mereka sangat trauma sekali karena melihat ledakan dan api yang besar sekali," ungkap Aldi.

Mereka meminta treatment khusus untuk menangani dampak traumatik pada anak-anak mereka.

"Yang kedua kami juga minta adanya birokrasi koordinasi antara pihak institusi terkait dengan pengembang Visalia dimana kami pada saat kami ingin huni tempat ini memang kami tidak diberi tahu bahwa adanya gudang peluru di sekitar tempat tinggal kami," ujarnya.

Puluhan anak-anak yang tinggal di dekat Gudmurah Kodam Jaya alami trauma gegera peristiwa ledakan gudang amunisi yang terjadi pada Sabtu (30/3) kemarin
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News