Ajaib, HET Minyak Goreng Kemasan Dicabut, Rak-rak di Supermaret Kembali Penuh

Rabu, 16 Maret 2022 – 19:05 WIB
Ajaib, HET Minyak Goreng Kemasan Dicabut, Rak-rak di Supermaret Kembali Penuh - JPNN.com Jabar
Salah seorang konsumen tengah mengambil minyak goreng kemasan di rak supermarket. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Pusat resmi mencabut kebijakan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan di pasaran yang sebelumnya dipatok Rp 14.000 per liter. Kini, harga minyak goreng ditentukan sendiri dan tidak terpaku pada patokan harga.

Pasca pemerintah membatalkan aturan tersebut, sejumlah rak-rak minyak goreng kemasan di supermarket di Bandung kembali terpenuhi. Masyarakat pun tampak antusias mengambil minyak goreng yang dalam dua bulan terakhir menjadi barang langka.

Sepertinya yang terjadi di salah satu supermarket di Jalan Sunda. Pantauan JPNN.com di lapangan, rak-rak tersebut kembali dipenuhi dan dipajang oleh petugas. Sejumlah pembeli langsung menyerbu rak tersebut dan mengambil beberapa buah.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, sekarang masyarakat tidak perlu risau lagi mengenai ketersediaan minyak goreng kemasan. Ia memastikan, diseluruh ritel perbelanjaan stok minyak goreng tersedia.

Hanya saja, kata Elly, harga minyak goreng tak akan ada lagi Rp 14.000. Kini harganya sudah disesuaikan dengan produsen minyak, sehingga tidak satu harga.

“Tadi yang kemasan 2 liter itu harganya Rp 47.900 untuk merek Filma, SunCo, dan Cemara. Ini adalah kebijakan direksi perusahaan,” kata Elly saat meninjau salah satu ritel perbelanjaan di Bandung, Rabu (16/3).

Ihwal fenomena kelangkaan minyak goreng kemasan dalam dua bulan terakhir, Elly pun mengaku kebingungan.

“Saya juga secara pastinya tidak tahu agak kebingungan, kami sebagai penanggungjawab di lapangan Disdagin bertanggungjawab terhadap stabilisasi harga dan stok ini adalah satu fenomena yang aneh juga,” terangnya.

Disdagin Kota Bandung memastikan stok minyak goreng kemasan di supermarket tersedia kembali, pasca pemerintah mencabut HET minyak goreng kemasan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News