Bantu Turunkan Volume Sampah di Bandung, Super Indo Perkenalkan Konsep Supermarket Ramah Lingkungan

Jumat, 01 Maret 2024 – 15:30 WIB
Bantu Turunkan Volume Sampah di Bandung, Super Indo Perkenalkan Konsep Supermarket Ramah Lingkungan - JPNN.com Jabar
Konsep 'Supermarket Ramah Sampah' yang diterapkan di Super Indo, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Produksi sampah di Kota Bandung setiap harinya terus bertambah. Berdasarkan data BPS tahun 2023, jumlah produksi sampah di Bandung mencapai 1.594,18 ton per hari pada 2022.

Sebagai penyumbang volume terbesar produksi sampah makanan di Kota Bandung per hari 709,73 ton per hari atau sebesar 44,52 persen dari total sampah yang diproduksi.

Urutan kedua adalah sampah plastik mencapai 266,23 ton per hari atau sebesar 16,70 persen. Kemudian, di urutan ketiga ada sampah kertas.

Sampah kertas ini mencapai 209,16 ton per hari atau sebesar 13,98 persen dari total harian produksi sampah di Bandung.

Melihat kejadian itu, Super Indo memperkenalkan konsep Supermarket Ramah Sampah yang dijalankan di Kota Bandung.

Perkenalan ini sekaligus meluncurkan poin pengumpulan sampah kemasan plastik Smart Waste Hub yang berbasis digital, berkolaborasi dengan Waste Hubs Indonesia dan perusahaan FMCG multinasional Procter & Gamble (P&G) Indonesia.

Dengan konsep ramah sampah, supermarket ini mampu menangani seluruh sampah operasionalnya dengan pendekatan reduce, reuse, dan recycle secara optimal.

Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Super Indo untuk menjalankan bisnis retail yang berkelanjutan dengan fokus pada pengelolaan dan penanganan sampah (Zero Waste) dengan pendekatan sirkular ekonomi, serta edukasi masyarakat untuk merubah kebiasaan membuang sampah yang berdampak buruk pada lingkungan.

Super Indo memperkenalkan konsep 'Supermarket Ramah Sampah' untuk membantu menekan volume sampah di Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News