Produksi Gabah di Kabupaten Sukabumi Capai 252,3 Ton, Pemkab Optimistis Stok Beras Saat Ramadan Aman

Jumat, 01 Maret 2024 – 11:00 WIB
Produksi Gabah di Kabupaten Sukabumi Capai 252,3 Ton, Pemkab Optimistis Stok Beras Saat Ramadan Aman - JPNN.com Jabar
Ilustrasi padi dan beras. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Asisten Daerah (Asda) II Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Sukabumi Dedi Chardiman mengatakan potensi produksi gabah kering giling (GKG) pada Maret dan April mencapai 252,3 ton atau jika diestimasi ke beras mencapai 161.498 ton.

"Potensi produksi GKG ini dihitung dari luas lahan pertanian atau sawah yang berpotensi panen pada Maret dan April. Sehingga, kami optimistis menjelang ramadan dan perayaan Idulfitri 1445 H harga beras normal," katanya.

Adapun potensi panen pada Maret mencapai 17.100 hektare sementara April 26.977 hektare sehingga total lahan padi yang siap panen di bulan tersebut sebanyak 44.077 hektare. Dari total itu, diperkirakan produksi GKG mencapai 252,3 ton.

Rata-rata setiap hektare lahan padi menghasilkan GKG sebanyak 6-7 ton, maka dari itu pihaknya mengimbau kepada warga untuk tetap tenang karena produksi beras Kabupaten Sukabumi mencukupi untuk kebutuhan masyarakat.

Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu lumbung beras nasional, tetapi kenaikan harga beras pada beberapa pekan terakhir disebabkan oleh cuaca buru sehingga banyak lahan yang gagal panen ditambah masa panen mundur.

Seperti diketahui, kebutuhan beras Kabupaten Sukabumi sebanyak 308.733 ton dengan asumsi konsumsi 96 kg/kapita/tahun.

Dari data tersebut sudah bisa dipastikan setiap tahunnya kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini selalu surplus.

Kemudian untuk pendistribusian beras ke pasar tradisional, pihaknya memastikan lancar. Dengan potensi produksi GKG tersebut, bisa membantu menurunkan harga beras dan saat ini sudah berangsur-angsur turun.

Potensi produksi gabah kering giling (GKG) pada Maret dan April mencapai 252,3 ton atau jika diestimasi ke beras mencapai 161.498 ton.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News