BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Saat Hari Pencoblosan Pemilu 2024

Kamis, 01 Februari 2024 – 17:00 WIB
BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Saat Hari Pencoblosan Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cuaca buruk. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada warga Jawa Barat akan potensi cuaca ekstrem menjelang pencoblosan Pemilu pada 14 Februari 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, Jawa Barat merupakan salah satu wilayah dengan curah hujan tertinggi dan penduduk terpadat di Indonesia.

BMKG pun memprediksi, puncak musim hujan akan dimulai pada akhir Januari hingga Maret ini.

Untuk itu, Dwikorita mengingatkan Pemprov Jabar agar mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem dengan melakukan sejumlah mitigasi. Apalagi Pemilu 2024 tersisa 14 hari lagi.

"Apalagi kita akan punya hajat besar, pemungutan suara Pemilu 2024. Tentunya kami berkoordinasi dengan Pak Gubernur, BPBD bagaimana upaya mitigasi agar curah hujan yang tinggi tidak menimbulkan bencana dan mengganggu hajat nasional kita," ujar Dwikorita dalam keterangannya, Kamis (1/2).

Pada musim hujan tahun ini, ia menyebut tidak ada anomali cuaca dan hujan akan berlangsung normal dengan rata-rata klimatologisnya selama 30 tahun terakhir yakni 400 milimeter dalam satu bulan.

Hanya menurutnya, terkadang akan muncul hujan ekstrem pada skala harian, di mana curah hujan dapat mencapai 150 milimeter per hari yang hal ini dapat mengakibatkan bencana seperti banjir dan ranah longsor.

"Aksi mitigasi yang dapat dilakukan, diantaranya membersihkan saluran air atau drainase lingkungan, membersihkan sungai dari material penghambat berupa batu, tanah, kayu, ranting pohon, dan sampah, yang dapat memicu terjadinya banjir bandang," ungkapnya.

BMKG mewanti-wanti Jawa Barat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem jelang pencoblosan Pemilu pada 14 Februari 2024 nanti.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News