Pemkot Depok Cek Keakuratan Pompa Ukur SPBU di Margonda Raya

Jumat, 26 Januari 2024 – 15:00 WIB
Pemkot Depok Cek Keakuratan Pompa Ukur SPBU di Margonda Raya - JPNN.com Jabar
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat melakukan pengecekan terhadap alat ukur di SPBU Margonda. Foto : Diskominfo Depok

jabar.jpnn.com, DEPOK - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Legal, melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap Pompa Ukur Bahan Bakar Minyak (PUBBM) di SPBU 34.16402, Jalan Magonda Raya.

Pria yang akrab disapa IBH tersebut mengatakan pengecekan PUBBM ini dilakukan untuk melihat kesesuaian takaran BBM yang dikeluarkan dari alat pompa (nozzle).

"Kali ini kami mencoba ke pom bensin untuk melihat ukuran yang diberikan pelaku usaha kepada konsumen," ucapnya, Jumat (26/1).

Sebanyak 30 alat pompa dicek satu per satu oleh tim penera UPTD Metrologi Legal. Kemudian, dirinya menempelkan stiker bertuliskan tanda tera sah dan segel.

"Alhamdulillah di Kota Depok kami akan jadikan daerah tertib ukur, makanya semua pom bensin, timbangan pasar maupun kegiatan yang lain kami tera ulang, agar kotanya lebih berkah karena timbangannya betul," terangnya.

Dia menerangkan jika pom bensin itu ditera ulang setiap satu tahun sekali, sekaligus juga ada sidak agar mereka tidak mempermainkan.

“Kalau ada stiker yang ditempel di pom bensin maka konsumen bisa lihat tandanya mereka sudah tera ulang," kata IBH.

Dirinya menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk berbagai hal, misalnya, air minum, bensin, beras, telur, dan sebagainya yang menggunakan alat timbang.

Pemerintah Kota Depok melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap pompa ukur, di SPBU Margonda.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News