Lewat Aplikasi JagaSuara 2024, Iluni UI dan Netgrit Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu Bersih dan Jurdil

Jumat, 26 Januari 2024 – 14:30 WIB
Lewat Aplikasi JagaSuara 2024, Iluni UI dan Netgrit Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu Bersih dan Jurdil - JPNN.com Jabar
Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Didit Ratam. Foto : Source for JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Didit Ratam mengajak Alumni UI dan masyarakat mengawal transparansi proses rekapitulasi suara pada Pemilu 2024, melalui aplikasi JagaSuara 2024 yang telah dikembangkan oleh Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) bersama koalisi masyarakat sipil, pada acara bertajuk “Kolaborasi Menjaga Kualitas Demokrasi” di Sekretariat Iluni UI, Kampus UI Salemba.

Didit mengajak seluruh Alumni UI dan masyarakat untuk bersama-sama mengawal kualitas demokrasi di Indonesia.

“Kita sebagai bagian dari masyarakat menjadi pemegang kedaulatan tertinggi. Untuk itu, kami mengajak Alumni UI dan masyarakat mengawal suara di TPS terdekat untuk kita rekapitulasi bersama melalui aplikasi JagaSuara 2024 yang telah dikembangkan oleh Netgrit yang melibatkan sejumlah Alumni UI. Demokrasi yang maju membangun ruang yang luas terhadap inklusivitas,” ucapnya.

Dirinya juga menyatakan sebagai organisasi, Iluni UI dan Netgrit independen dan imparsial pada Pemilu 2024.

Dia meyakini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

“Selain untuk menjaga kualitas demokrasi yang sehat, upaya kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi politik yang mencerdaskan bangsa,” terangnya.

Pada kegiatan sebelumnya, Iluni UI juga mendorong inisiatif penggunaan Artificial Intelligent (AI) yang dikembangkan oleh Sabrang MDP (Noe Letto) pada platform chatbot pemimpintar.com yang menfasilitasi ruang diskusi antara pemilih dan kontestan.

Direktur Eksekutif Netgrit, Hadar Nafis Gumay menegaskan pentingnya bersama-sama mengawal dan menjaga suara agar tetap murni dari pemungutan suara hingga rekapitulasi nasional.

Iluni UI dan Netgrit mengajak masyarakat untuk mengawal transparansi rekapitulasi suara pada Pemilu 2024, melalui aplikasi JagaSuara 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News