Menteri ATR/BPN: 80 Persen Tanah di Kota Tasikmalaya Sudah Bersertifikat

Rabu, 24 Januari 2024 – 17:50 WIB
Menteri ATR/BPN: 80 Persen Tanah di Kota Tasikmalaya Sudah Bersertifikat - JPNN.com Jabar
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto didampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat di Kampung Leuwimalang, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Rabu (24/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, TASIKMALAYA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyerahkan 40 sertifikat tanah PTSL kepada masyarakat di Kampung Leuwimalang, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. 

Penyerahan dilakukan secara door to door yang didampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah. 

Hadi mengatakan, sampai dengan awal tahun 2024, Kementerian ATR/BPN sudah menyelesaikan 268 ribu sertifikat tanah milik masyarakat di Kota Tasikmalaya. 

Dengan target 337 ribu, Hadi menyebut, 80 persen tanah di Kota Tasikmalaya sudah mengantongi dukomen otentik kepemilikan atau sertifikat. 

"Baru saja saya menyerang sertifikat di Desa Sukamulya, sebanyak 40 sertifikat program PTSL, termasuk juga tanah wakaf. Dan kami sampaikan gambarannya adalah Kota Madya Tasikmalaya ini targetnya adalah 337 ribu, yang sudah selesai 286 ribu," kata Hadi ditemui seusai pembagian sertifikat di Kota Tasikmalaya, Rabu (24/1). 

Hadi menerangkan, di Tasikmalaya masih tersisa 20 persen lagi lahan yang belum tersertifikasi. Apabila sudah lengkap dan terdata maka bisa langsung dimasukkan ke dalam sistem elektronik

Secara nasional, sambungnya, Kementerian menargetkan 126 juta bidang bersertifikat. 

Sampai sekarang, yang sudah selesai baru 110 juta dan tahun ini pemerintah akan selesai 120 juta bidang. 

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto blusukan bagi-bagi sertifikat tanah kelada warga di Kota Tasikmalaya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News