Ancaman Cuaca Ekstrem Wilayah Bandung, Warga di Pinggiran Aliran Sungai Diminta Waspada

Jumat, 12 Januari 2024 – 11:00 WIB
Ancaman Cuaca Ekstrem Wilayah Bandung, Warga di Pinggiran Aliran Sungai Diminta Waspada - JPNN.com Jabar
Kondisi di Kampung Braga, Kota Bandung, pasca diterjang banjir bandang akibat meluapnya Sungai Cikapundung, malam tadi. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, cuaca ekstrem di wilayah Bandung dan sekitarnya masih akan terjadi hingga satu pekan ke depan.

Kepada warga yang bermukim di pinggiran aliran sungai, diminta waspada karena potensi banjir akibat sungai yang meluap.

Hal itu disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung BMKG Teguh Rahayu saat mendampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau lokasi terdampak banjir bandang di Gang Apandi, Braga, Kota Bandung.

“Bandung Raya saat ini masih masuk awal musim hujan dan diperkirakan nanti puncaknya dimulai di Februari hingga Maret,” kata Teguh, Jumat (12/1).

Teguh menuturkan, dalam tujuh hari ke depan, prediksi cuaca wilayah Bandung dari pagi hingga malam hari berubah.

“Untuk pagi hari potensinya adalah berawan cerah hingga berawan. Untuk siang hari itu intensitas hujan sedang hingga lebat, untuk malam hari hujan ringan hingga sedang,” ungkapnya.

Karena, intensitas hujan yang tinggi, Teguh pun meminta kepada warga untuk berhati-hati, apalagi warga yang bermukim di sekitar aliran sungai.

Apabila, durasi hujannya lebih dari dari dua jam, maka warga diminta untuk mengevakuasi diri dan mengungsi sementara ke area yang lebih tinggi.

Bandung masih akan diguyur hujan lebat hingga satu pekan ke depan, BMKG imbau warga di pinggiran aliran sungai mengungsi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News