Menko PMK Muhadjir Effendy Tinjau Lokasi Kejadian Kecelakaan KA Turangga di Cicalengka

Jumat, 05 Januari 2024 – 14:45 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy Tinjau Lokasi Kejadian Kecelakaan KA Turangga di Cicalengka - JPNN.com Jabar
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat meninjau lokasi kecelakaan kereta di petak Jalan Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mendatangi lokasi kecelakaan adu banteng antara Kereta Api (KA) Turangga rute Bandung-Surabaya dengan KA Lokal Bandung Raya di petak Jalan Cicalengka-Haurpugur KM 181, Kabupaten Sumedang, Jumat (5/1). 

Muhadjir baru saja melakukan perjalanan ke Sumedang untuk meninjau korban gempa bumi yang terjadi pada malam pergantian tahun. 

"Kami sangat prihatin, juga pemerintah juga ikut berduka cita kepada para korban dari kecelakaan kereta ini, dan sepanjang laporan dari pak Gubernur dan Kapolda dan Pangdam, semuanya sudah ditangani dengan baik, cepat, yang kami utamakan adalah penumpang, keselamatan penumpang kami utamakan," kata Muhadjir di lokasi kejadian.

Ia memastikan, tidak ada korban jiwa dari penumpang di dua lokomotif itu. Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit terdekat. 

"Korban penumpamg tidak ada yang luka berat semuanya, sedang dan ringan dan sekarang semuanya sudah di rumah sakit umum daerah dan swasta sekitar. Sedangkan yang sehat sudah diangkut ke Bandung," ujarnya. 

Sementara itu, mengenai evaluasi terkait kejadian kecelakaan, Muhadjir mengaku dirinya tak memiliki kewenangan. 

"Saya tidak memiliki kewenangan untuk membuat statement berkaitan dengan evaluasi, tetapi tentu saja dalam waktu yang tidak terlalu lama nanti kementerian teknis yang bertanggung jawab yang membawahi kereta api, KNKT segera melakukan investigasi," ungkapnya. (mcr27/jpnn)

Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau lokasi kecelakaan kereta yang terjadi di Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News