Gegara Hal Ini Ratusan PMI Taiwan Mengutuk Keras Agensi Penyalur Tenaga Kerja Swasta

Rabu, 27 Desember 2023 – 16:15 WIB
Gegara Hal Ini Ratusan PMI Taiwan Mengutuk Keras Agensi Penyalur Tenaga Kerja Swasta - JPNN.com Jabar
Aksi unjuk rasa para pekerja migran Indonesia. Foto : Source for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan mengutuk perusahaan jasa penyalur tenaga kerja swasta yang kerap menyengsarakan tenaga kerja.

Diketahui, tak sedikit PMI yang hidupnya terkatung-katung, mendapat kekerasan fisik, kekerasan seksual, hingga meninggal dunia.

Perlakuan yang diterima para pekerja migran ini, akibat ulah para agensi-agensi penyalur tenaga kerja yang tak bertanggung jawab atas penempatan kerja dan pemenuhan hak pekerja.

Perwakilan PMI Taiwan, Ismail Fitri mengatakan para pekerja asal Indonesia yang saat ini berada di Taiwan sedang dihadapkan dengan situasi yang sulit, akibat imbas perlakuan agensi penyalur tenaga kerja wasta.

"Mereka dengan sengaja mempersulit dokumen apabila PMI ingin lepas dari agensi, dan kami sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari agensi swasta,” ucapnya, dalam keterangan resminya.

Dirinya mengaku PMI dipaksa mengikuti aturan main yang dibuat sepihak oleh agensi, bahkan sering merugikan PMI ketika para tenaga kerja sudah berada di negara Taiwan.

"Selalu mengancam PMI akan dipulangkan ke Indonesia, jikalau mereka tidak mau menuruti peraturan yang dibuat sendiri oleh agensi," ujar Ismail.

PMI kerap menjadi korban agensi yang tak bertanggung jawab sehingga mereka hidup terkatung-katung tanpa pekerjaan dengan alasan like or dislike.

Ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) Taiwan menolak bekerja dalam bayang-bayang ancaman, dan mengutuk agensi penyalur tenaga kerja swasta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News