Pejuang Rupiah Wajib Tahu! Berikut Ini Ciri-Ciri Saraf Terjepit Lengkap Dengan Pengobatannya

Jumat, 22 Desember 2023 – 19:45 WIB
Pejuang Rupiah Wajib Tahu! Berikut Ini Ciri-Ciri Saraf Terjepit Lengkap Dengan Pengobatannya - JPNN.com Jabar
Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD, dr. Asrafi Rizki Gatam, Sp.OT (K) Spine. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau biasa disebut dengan saraf terjepit merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh disepelekan, apalagi kalau dibiarkan.

Saraf terjepit merupakan sebuah kondisi ketika tulang belakang menerima tekanan berlebih sehingga menyebabkan bantalan yang terletak di antara tulang belakang mengalami kerusakan.

Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD, dr. Asrafi Rizki Gatam, Sp.OT (K) Spine mengatakan banyak yang salah kaprah terkait saraf terjepit dengan low back pain, di mana low back pain atau nyeri pinggang bawah memiliki penyebab yang lebih luas, seperti cedera otot atau fraktur tulang.

Sedangkan saraf terjepit sendiri disebabkan karena keluarnya bantalan tulang belakang dari posisi aslinya, sehingga menaruh tekanan pada saraf disekitarnya dan menyebabkan rasa nyeri yang bisa berlangsung lama.

Saraf kejepit dapat terjadi pada hampir setiap bagian tulang seperti kaki hingga leher, tetapi biasanya paling sering terjadi pada tulang punggung bagian bawah.

"Terlepas dari di mana letak saraf kejepit, hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri, mati rasa, hingga kelemahan atau kelumpuhan pada salah satu atau kedua kaki," kata Asrafi kepada awak media, Jumat (22/12).

Ciri dan gejala penyakit saraf kejepit atau HNP sangat khas, yaitu adanya nyeri yang menjalar dari leher sampai ke tangan, terasa kebas, kesemutan, terasa terbakar, hingga sensasi kesetrum, yang sifatnya terus-menerus dan tidak hilang dalam jangka waktu yang panjang.

Secara umum, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena saraf terjepit, seperti usia, semakin tua usia seseorang maka semakin tinggi juga risiko seseorang untuk terkena saraf terjepit.

Bagin Anda para pekerja sepatutnya waspada saat merasakan sakit di persendian tulang. Bisa jadi hal itu bukanlah nyeri otot biasa tetapi saraf terjepit.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News