Sebegini Anggaran yang Dibutuhkan Kota Bandung Pada Pemilu 2024

Selasa, 08 Maret 2022 – 19:05 WIB
Sebegini Anggaran yang Dibutuhkan Kota Bandung Pada Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana, Jumat (4/3). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) di tahun 2024, Kota Bandung membutuhkan anggaran sekitar Rp 165 miliar.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan anggaran tersebut terdiri dari anggaran untuk operasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“KPU itu sekitar Rp 100 miliar, Bawaslu sekitar Rp 65 miliar, itu anggaran dari APBD,” kata Yana di Bandung, Selasa (8/3).

Yana menuturkan, anggaran tersebut akan disalurkan ke dua lembaga tersebut dalam dua termin. Sehingga, keperluan biaya kontestasi politik lima tahunan itu bakal masuk juga ke dalam rencana anggaran pada tahun 2023.

Tahun 2023, Pemkot Bandung lebih dulu menganggarkan sebesar Rp 30 miliar.

“Karena, kemungkinan besar anggaran di tahun 2024 itu untuk honor-honor petugas Pemilu,” tuturnya.

Menurut Yana, pihaknya sengaja melakukan penganggaran setahun sebelumnya agar tidak terjadi pembengkakan anggaran di tahun 2024.

“Karena, kan kebutuhannya lebih banyak pada 2024, tetapi supaya enggak berat, pada tahun 2023 sudah kami cadangkan,” ujarnya.

Pemkot Bandung menyampaikan besaran anggaran yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Sebegini jumlahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News