Angklung Groove Fest 2023 Memukau Generasi Muda dengan Melodi Tradisi dan Inovasi

Jumat, 08 Desember 2023 – 07:39 WIB
Angklung Groove Fest 2023 Memukau Generasi Muda dengan Melodi Tradisi dan Inovasi - JPNN.com Jabar
Salah satu pengisi konser musik Angklung Groove Fest 2023, Fariz RM. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Angklung Groove Fest 2023 sukses digelar di Bale Mandapa Saung Angklung Udjo, Kota Bandung Kamis (30/11). Konser musikal Angklung Pride merupakan acara tahunan yang dipersembahkan oleh Saung Angklung Udjo sebagai perayaan ditetapkannya Hari Angklung Sedunia oleh UNESCO.

Konser itu juga dimeriahkan oleh Duo group blues Sarah n Soul, Kelompok musik Crossroad Vokalis Tiara Effendi dan legenda musik Fariz RM, yang merangkai alunan nada berkolaborasi dengan puluhan musisi angklung.

Selain konser musik, Angklung Groove Fest menyuguhkan kolosal angklung dan perkembangannya oleh Saung Angklung Udjo, Talkshow dari beberapa narasumber serta Intimate Dinner sebagai upaya membuka ruang interaktif dari penyaji (musisi dan pembicara) dengan para apresiator.

Pimpinan sanggar seni Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo mengatakan, Angklung Groove Fest 2023 merupakan sebuah bukti dengan tata kelola seni yang baik, seni tradisi nusantara akan terus memiliki daya saing, dan dapat terus tumbuh ditengah gempuran pengaruh budaya global.

"Ini (Angklung Groove Fest 2023) merupakan sebuah upaya Saung Angklung Udjo untuk dapat melestarikan seni Angklung agar dapat hidup di setiap generasi," ujar Taufik dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (8/12).

Lebih lanjut, Taufik pun menegaskan, Saung Angklung Ujdo berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan kebaruan dalam dunia seni serta budaya. Hal itu dilakukan semata-mata untuk menarik minat generasi muda saat ini akan pelestarian alat musik angklung.

"Saung Angklung Udjo dikenal sebagai salah satu sanggar yang terus berinovasi agar seni tradisi dapat terus hidup, dan menghidupi para pelakunya dengan menyajikan berbagai inovasi serta kebaruan dalam penyajian pertunjukan," kata Taufik.

Angklung Groove Fest 2023 juga berhasil mencuri perhatian kalangan muda di antaranya tokoh Gen-Z Alam Ganjar dan Adhisty Zara yang hadir langsung menyaksikan konser di Saung Angklung Udjo.

Angklung Groove Fest 2023 sukses digelar di Bale Mandapa Saung Angklung Udjo, Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News