2 Penggiat Seni Jabar Sukses Perkenalkan Musik Tanah Air ke Dunia Melalui Program Dana Indonesiana

Selasa, 13 Agustus 2024 – 13:26 WIB
2 Penggiat Seni Jabar Sukses Perkenalkan Musik Tanah Air ke Dunia Melalui Program Dana Indonesiana - JPNN.com Jabar
Berkat program Dana Indonesiana, dua penggiat seni asal Jawa barat sukses bawa musik tanah air ke Eropa dan Jepang. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Harry Koi berhasil membawa band pop punk bernama Turtles Junior konser di Eropa bersama dengan sederet band bergenre serupa yang namanya sudah beken seperti Metallica. Kesempatan tersebut berhasil diraihnya melalui program Dana Indonesiana yang digulirkan Badan Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX Jawa Barat.

Meski diakuinya, musik seperti pop punk lahir dari negara-negara di Eropa, api tketika musik tersebut masuk ke tanah air, maka pada akhirnya telah melahirkan kebudayaan baru yang dapat menjadi identitas bagi para seniman yang menekuni. Bahkan, dari sanalah kreativitas itu tumbuh dan berkembang.

Tidak hanya Harry Koi, program Dana Indonesiana juga berhasil menerbangkan Ardian Suwarman untuk mengajar musik angklung kepada para calon guru anak berkebutuhan khusus di Jepang.

Ardian membagikan kisahnya mengajarkan angklung kepada para calon guru musik untuk tunarungu di Universitas Gifu. Ia membawa angklung dengan keunikannya yang hanya memiliki satu nada, sehingga akan mudah dimainkan oleh anak-anak disabilitas.

“Mereka itu sangat takjub melihat bentuknya, bahannya, itu luar biasa. Mereka sangat suka sekali,” ujar Ardian dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (13/8).

Ardian menuturkan, berkat dana yang diberikan ia bisa bertatap muka dengan para muridnya di Jepang dan pembelajarannya menjadi semakin menarik serta lebih mudah diterima oleh muridnya.

Bahkan, tanpa diduga, pembelajaran tersebut dimuat dalam majalah sekolah yang diterbitkan dari ujung Hokkaido hingga Okinawa. Dampaknya, banyak guru-guru di sekolah luar biasa Jepang yang mengetahui bahwa angklung merupakan sebuah metode pembelajaran musik yang sangat cocok untuk digunakan.

Kedua penggiat seni tersebut tentunya telah sukses membawa nama Indoensia ke Luar Negri lewat program Dana Indonesiana.

Berkat program Dana Indonesiana, dua penggiat seni asal Jawa barat sukses bawa musik tanah air ke Eropa dan Jepang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News