Bey Machmudin Puji Inovasi OPD Pemprov Jabar Dalam Hal Keterbukaan Informasi Publik

Jumat, 01 Desember 2023 – 14:00 WIB
Bey Machmudin Puji Inovasi OPD Pemprov Jabar Dalam Hal Keterbukaan Informasi Publik - JPNN.com Jabar
Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik saat menerima penghargaan sebagai OPD informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 Jabar yang diserahkan oleh Pj Gubernur Bey Machmudin di Gedung Sate, Kamis (30/11). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengapresiasi beragam inovasi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk peningkatan layanan dan keterbukaan informasi publik.

Salah satu yang disoroti adalah inovasi layanan digital dan non digital Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat yang inklusif.

Bey mengatakan, keterbukaan informasi bagi badan publik sudah tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Jadi kita badan publik harusnya bisa lebih cepat lagi merespons masyarakat, dan responsif. Jangan sampai menunggu masyarakat mengeluh, dan merasa tidak puas terhadap pelayanan dari badan publik itu,” kata Bey dalam keterangannya, Jumat (1/12).

Penghargaan yang diberikan kepada OPD dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 itu diharapkan bisa menjadikan pelecut untuk terus bekerja lebih baik dan bertransformasi dengan pemanfaatan teknologi.

“Setelah ada keterbukaan publik ini, mendorong Pemprov Jabar dalam menyediakan informasi dan layanan publik yang baik. Seperti dalam merespon kebutuhan masyarakat, contohnya bila ada yang mengeluh seperti pembayaran pajak bermotor, sekaramg sangat mudah,” jelasnya.

"Untuk itu mari terus berinovasi, bekerja sama, dan merangkul teknologi untuk menciptakan ekosistem informasi yang lebih dinamis dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu yang meraih penghargaan sebagai OPD informatif adalah Bapenda Jabar. Mereka dinilai dari sisi Inovasi dan Strategi Pelayanan Informasi Publik secara digital dan non digital.

Bapenda Jabar meraih penghargaan sebagai OPD Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 tingkat Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News