DLHK Kota Depok Uji Kandungan Busa yang Mencemari Kali Baru

Jumat, 01 Desember 2023 – 11:45 WIB
DLHK Kota Depok Uji Kandungan Busa yang Mencemari Kali Baru - JPNN.com Jabar
Kepala DLHK Kota Depok, Abdul Rahman. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok sebut limbah busa yang terjadi di Kali Baru, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, akan dilakukan uji laboratorium.

Kepala DLHK Kota Depok, Abdul Rahman mengatakan setelah melakukan investigasi ke beberapa perusahaan di sekitar lokasi kejadian, kemudian hasilnya diserahkan ke kementerian.

“Karena ini kan kewenangan ada di pusat, makanya sudah kami layangkan surat hasil dari investigasi,” ucap pria yang akrab disapa Abra itu, dikutip Jumat (1/12).

Dia menuturkan saat dilakukan investigasi memang perusahaan tersebut telah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang sesuai standar.

Namun, untuk mengetahui secara pasti penyebab busa tersebut, Abra menuturkan harus dilakukan uji laboratorium tersebih dahulu

“Untuk mengetahui persis busa itu dari apa dan dari mana tentu kami harus melakukan uji laboratorium. Kami juga menyampaikan kepada beberapa perusahaan, untuk melakukan uji lab. Karena jangan sampai DLHK melakukan justifikasi, karena itu kan senyawa kimia," ujarnya.

Jika memang benar limbah busa tersebut dari sebuh perusahaan, dirinya mengatakan bahwa DLHK tidak dapat berbuat banyak.

“Ini kan menjadi kewenangan pusat, kalau kami sifatnya melaporkan kepada pusat nanti akan ditindaklanjuti,” terangnya.

Abdul Rahman sebut limbah busa yang ada di Kali Baru akan dilakukan uji lab untuk mengetahui secara pasti dari mana dan kandungan apa yang ada dalam limbah itu.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News