Rakernas BKSPTIS: 2 Pesan FAI Uika Bogor Untuk Kemenag RI

Minggu, 19 November 2023 – 18:30 WIB
Rakernas BKSPTIS: 2 Pesan FAI Uika Bogor Untuk Kemenag RI - JPNN.com Jabar
Potret Universitas Ibn Khaldun (Uika) Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun (FAI Uika) Bogor, Kholil Nawawi dan bersama Wakil Dekan SDM Fahmi Irfani hadiri rakernas Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKSPTIS).

Acara tersebut diselenggarakn di Univesitas Islam Riau Pekanbaru, Provinsi Riau, pada 17 hingga 18 November 2023 kemarin.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu mengusung tema "Membangun Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri dan Mendunia".

Dalam Rakernas tersebut, Kholil Nawawi bersama Fahmi Irfani mengusulkan pentingnya legalitas BKSPTIS untuk segera di bentuk badan hukum dengan legalitas akta notaris.

“Serta menjaring seluruh keanggotaan perguruan tinggi islam swasta (PTIS) di Indonesia,” ucapnya, Minggu (19/11).

Selain itu, keduanya juga mengusulkan agar BKSPTIS memberikan saran kepada Kementerian Agama agar tidak mudah memberikan izin pendirian perguruan tinggi.

“Saat ini tercatat ada 190 PTIS di wilayah Jawa Barat, terbanyak se-Indonesia. Sehingga yang terjadi saat ini kualitas perguruan tinggi islam swasta banyak yang tidak sehat secara kelembagaan,” ucapnya.

Keduanya berharap masukan tersebut bisa ditindak lanjuti, demi memajukan kualitas sistem pendidikan di Indonesia.

Dekan FAI Uika Bogor mengusulkan agar BKSPTIS memberi saran ke Kemenag agar tidak mudah memberikan izin pendirian perguruan tinggi islam swasta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News